• Semua Iklan Banner Yang Ada Di Forum, Pasti Di Bayar.. Jika Ada Yang Mangkir Dari Pembayaran WD atau yg Lain, silahkan Lapor Admin.. Admin akan Menkonfirmasi Website Yang Mengiklan Di Forum Ini
  • Gunakan Email Yang Benar untuk mengkomfirmasi email yang di daftarkan
BIDADARI88DEPO
BIDADARI88DUO

[INFO] Bakso

Biasa_banget

Balita GoCrot
Thread Starter
Hey hey para pecinta kuliner

Kembali lagi ke bale bengong pojok kuliner, bersama nubie yang biasa_banget ini.

Sebelumnya salam hormat buat para admin dan staff GC tercinta ini, balik lagi nih, nubie mau sedikit berbagi kesempatan, berbagi tips dan berbagi info kuliner nusantara.

Bakso, siapa yang tidak kenal dengan penganan sederhana ini, dari pelosok gang, sampai ke kota besar hampir diseluruh dunia pasti kenal penganan satu ini.

Ada yang pernah tau kalau bakso ini adalah salah satu penganan yang di awetkan pada masa perang dunia pertama antara 1811-1937.

Waktu itu bakso dikenal dengan nama smoke meatball. Dimana para tentara membungkus bakso ini dengan menggunakan kendi2 besar yang di angkut menggunakan kereta yang di tarik oleh kuda, sapi, ataupun keledai.

Tapi sesungguhnya bakso berasal dari china pada dinasty qin di shandong.

Bakso di kenal di Indonesia di mulai pada tahun 1847 dimasa penjajahan belanda. Bakso di perkenalkan oleh para pedagang dari china daratan.

Dahulu bakso di kenal dalam bahasa hokkian, Bak So yang artinya daging giling, pada masa itu kuah bak so hanya terbuat dari kaldu daging babi.

hingga masyarakat Indonesia banyak mengkreasikan racikan bakso dengan berbagai macam jenis isian dan berbagai macam olahan daging.

hingga saat ini banyak bermunculan berbagai jenis bakso, ada bakso urat, bakso tenis, bakso malang, bakso udang, bakso gepeng, bakso karimunjawa, bakso solo, bakso wonogiri, bakso unyil, bakso bakar, bakso keju, bakso ranjau, bakso tahu goreng, bakso balungan, bakso krikil, bakso lava, dan berbagai jenis varian baru sebagai penarik minat pecinta bakso



tapi pada umumnya olahan bakso hanya berasal dari 3 jenis daging

1. Daging ayam
2. Daging sapi
3. Daging ikan/udang


Untuk membedakan mana yang daging sapi, daging ayam, dan daging ikan/udang, sebenarnya sungguh sederhana.

Bakso daging ayam, memiliki warna yang cendrung agak putih, dengan bentuk serat pada bakso tidak terlalu kelihatan jelas.

Bakso daging sapi, memiliki warna agak abu-abu dan sangat terlihat serat-serat daging pada bakso itu sendiri.

Bakso ikan/udang, kadang sepintas hampir mirip dengan bakso daging ayam, hanya pada warna daging bakso agak cendrung terlihat kecoklatan, warna ini terjadi akibat perpaduan daging ikan dengan tepung aci yang mengakibatkan pecahnya sel2 pigment yang terkandung dalam daging ikan tersebut pecah pada proses perebusan, contohnya ketika merebus udang, warna daging udang/ikan yang tadinya putih, ketika daging udang/ikan itu di rebus, akan terlihat lebih cerah atau berwarna ketimbang daging sapi atau daging ayam.

Demikian sedikit info yang nubie ketahui, so para pecinta bakso, tetap nikmati penganan tradisional ini ya
 

Biasa_banget

Balita GoCrot
Thread Starter
Nice info...

:beer:

Cara bikin bakso yg dalemnya ada isinya gimana gan??


Cara buat bakso yang dalamnya menggunakan isian

Daging giling 250grm
Tepung kanji/tepung tapioka 180grm
1sdt garam
1sdm soda kue/baking powder
2btr telur

Isian
Cabai
Keju
Telur rebus
Buah
Candy
Coklat
Dll

Cara membuat:

Siapkan wadah berupa baskom plastik
Masukan seluruh adonan, campur hingga menjadi kalis
Diamkan adonan selama 15 menit
Ambil adonan dengan sendok sesuai takaran yang di inginkan, bentuk dengan kepalan tangan, sebelum adonan di bentuk dalam kepalan tangan, sebelumnya bahan isian di masukkan kedalam adonan yang sudah di sendok.
Bentuk adonan yang sudah di beri isian, bentuk adonan sendiri bisa berbentuk bulat atau gepeng sesuai selera.
Masukkan adonan yang sudah dibentuk kedalam air yang sebelumnya sudah di masak hingga mendidih, masak adonan hingga terapung di atas air yang mendidih, tiriskan.
Lalu masukkan bakso yang sudah matang tadi kedal air kuah daging, siapkan bakso beserta isian lainnya, berupa mie dan lain lain.

Wallah, bakso pun siap di santap
 

J_H

UDAH THOBAT PALING BANTER MLIPIR PIJET
VIP Executive
Ex - Staff (Legenda)
Cara buat bakso yang dalamnya menggunakan isian

Daging giling 250grm
Tepung kanji/tepung tapioka 180grm
1sdt garam
1sdm soda kue/baking powder
2btr telur

Isian
Cabai
Keju
Telur rebus
Buah
Candy
Coklat
Dll

Cara membuat:

Siapkan wadah berupa baskom plastik
Masukan seluruh adonan, campur hingga menjadi kalis
Diamkan adonan selama 15 menit
Ambil adonan dengan sendok sesuai takaran yang di inginkan, bentuk dengan kepalan tangan, sebelum adonan di bentuk dalam kepalan tangan, sebelumnya bahan isian di masukkan kedalam adonan yang sudah di sendok.
Bentuk adonan yang sudah di beri isian, bentuk adonan sendiri bisa berbentuk bulat atau gepeng sesuai selera.
Masukkan adonan yang sudah dibentuk kedalam air yang sebelumnya sudah di masak hingga mendidih, masak adonan hingga terapung di atas air yang mendidih, tiriskan.
Lalu masukkan bakso yang sudah matang tadi kedal air kuah daging, siapkan bakso beserta isian lainnya, berupa mie dan lain lain.

Wallah, bakso pun siap di santap
Thank om,, koki handal...
Komposisi takaran daging ma tepung pengaruh ke rasa ga om??
 

Biasa_banget

Balita GoCrot
Thread Starter
Thank om,, koki handal...
Komposisi takaran daging ma tepung pengaruh ke rasa ga om??


Kalo kata ane sih lebih berpengaruh di tangan om, jadi saran aja, sebelum ngolah daging bakso untuk di bentuk, ada baiknya siapin air plus es batu.
Ini maksudnya sebagai pengikat ketika akan memulai proses pembuatan bakso, tangan kita sedkit di rendam dalam air es tersebut.

Untuk masalah komposisi lebih berpengaruh kepada tekstur bakso itu sendiri om
 

J_H

UDAH THOBAT PALING BANTER MLIPIR PIJET
VIP Executive
Ex - Staff (Legenda)
Kalo kata ane sih lebih berpengaruh di tangan om, jadi saran aja, sebelum ngolah daging bakso untuk di bentuk, ada baiknya siapin air plus es batu.
Ini maksudnya sebagai pengikat ketika akan memulai proses pembuatan bakso, tangan kita sedkit di rendam dalam air es tersebut.

Untuk masalah komposisi lebih berpengaruh kepada tekstur bakso itu sendiri om
Bukannya dimasukin ke panci panas ya om bola" baksonya??... kok malah pake air es:unsure:
 

Biasa_banget

Balita GoCrot
Thread Starter
Bukannya dimasukin ke panci panas ya om bola" baksonya??... kok malah pake air es:unsure:

Begini om, penjelasan ane, pas proses pembentukan bulatan bakso kan menggunakan tangan, nah sebisa mungkin tangan kita tetep bersuhu dingin.
Setelah bulatan bakso terbentuk di tangan, baru bakso tersebut di masukkan kedalam panci berisi air panas, kurang lebih begitu, jadi yang di rendam air es itu tangannya om, bukan adonan bakso
 
Top